Rabu, 21 Agustus 2013

Kompiler

Compiler atau kompiler adalah sebuah program yang menerima input berupa sumber program (source language), kemudian ditranslasikan menjadi bentuk bahasa lain (target language). Source language biasanya merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah atau tinggi, sedangkan target language biasanya berupa bahasa level rendah atau bahasa mesin.
Tujuan compiler bagi programmer sangat penting, yaitu melaporkan bila ada error dan warning dalam pengerjaan sebuah program. Selain untuk programming, kompiler bisa digunakan untuk mentranslasikan javadoc ke html, mendapatkan hasil dari SQL query (query optimization), printer parsing PostScript file, screen scrapping, dan konversi LaTeX ke PDF.

Contoh Kompiler
Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah:



  1. Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: booleanintegerrealcharstring,
  2. User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
  3. Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
  4. Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
  5. Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
Cara yang dilakukan untuk memulai Pascal adalah :
1. Instal terlebih dahulu aplikasi Turbo Pascal (disini!)
2. Karena aplikasinya berupa  yang lansung bisa digunakan maka kita buka folder BIN, kemudian cari file TPX
3. Setelah diklik file TPX maka akan muncul gambar seperti dibawah ini!


4. Setelah tampil seperti gambar diatas, kita buat program sederhana berupa kata 'Selamat Datang' saat akan menjalankan Pascal ini. Skrip yang diketikkan di program adalah :
Program Hallo;
Begin
  writeln (‘Hallo, SELAMAT DATANG !!’);
  write (‘Anda sedang menggunakan Pascal’);
  readln;
End.
5. Jika sudah, akan muncul jendela seperti ini.

~ SELESAI ~
Sumber : disini,disini, oke.or.id

Tidak ada komentar: